Rabu, 04 Juni 2014

Tugas Semantik ke 7

Analisis arti ayat-ayat alquran yang menggunakan kata sapaan “AKU” dan “KAMI”

1.     Surat Al-Baqarah ayat 30
Artinya : Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” “Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu? Dia berfirman, “sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
Aku adalah kata ganti orang pertama yang berbicara atau yang menulis menurut depdiknas (2008:32). Aku yang dimaksudkan oleh manusia adalah untuk mengatakan dirinya, sedangkan Allah mengatakan dirinya aku bermaksud adalah dia yang maha kuasa, yang paling sempurna dan berbeda dengan makhluk ciptaannya.

2.     Surat Al-Baqarah ayat 34
Artinya : Dan (ingatlah) ketika kami berfirman kepada para malaikat, “sujudlah kamu kepada Adam!” Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan yang kafir.

Kami menurut depdiknas (2008:612) yang berbicara bersama dengan orang lain (tidak termasuk dengan yang diajak berbicara). Kami yang dimaksudkan Allah ialah Allah itu maha besar, maha segala-galanya. Allah maha berkuasa, allah berhak mengatakan apapun mau mengatakanNya aku atau kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar