BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAHASA KEBANGGAANKU KELAS
VII SMP/MTS PENGARANG SUWARJI SUWANDI SUTARMO
MATERI YANG
BERKAITAN DENGAN SEMANTIK BAHASA INDONESIA PADA BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BAHASA KEBANGGAANKU KELAS VII DAN VIII SMP/MTS
C.
Membaca Memindai untuk Menemukan Makna Kata
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran berikut ini, diharapkan kamu dapat:
menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat.
Menggunakan kata secara tepat dalam karangan.
Ke
manakah tempat kita bertanya tentang makna kata-kata sulit, katakata asing yang
belum kita kenal, kata-kata yang belum kita ketahui maknanya? Kamuslah tempat
yang paling tepat. Dalam pembelajaran berikut kamu diajak menemukan makna
kata-kata sulit dengan menggunakan kamus secara efektif dan efisien. Menemukan
makna kata secara cepat, efektif, dan efisien sangat penting untuk dikuasai,
sebab dengan begitu waktu yang kita gunakan untuk menemukan makna suatu kata
dalam kamus menjadi lebih singkat.
1.
Menemukan Makna Kata dalam KamusKata-kata tertentu ada yang memiliki arti lebih dari satu. Apabila suatu kata mempunyai
arti lebih dari satu, arti kata yang terdapat dalam kamus itu harus disesuaikan
dengan konteks kalimatnya. Siapkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Bentuklah
kelompok yang terdiri atas empat atau lima orang. Setiap kelompok paling tidak
memiliki satu kamus. Carilah makna kata bercetak tebal dalam kalimatkalimat berikut
ini dengan tepat! Lakukan kegiatan ini melalui diskusi kelompok! Agar lebih menarik,
lakukan kegiatan ini dengan cara beradu cepat dengan kelompok lain.
a.
Dalam penyelenggaraan pendidikan, sarana pelajaran yang paling penting adalah
buku bacaan.
b.
Tanpa ada buku bacaan, pendidikan formal maupun nonformal tidak dapat berjalan
dengan lancar.
c.
Daerah perkemahan pramuka Sibolangit terletak di Sumatera Utara.
d.
Dalam jambore Nasional Pramuka ada kegiatan berkemah.
e.
Kegiatan perkemahan akan membentuk pribadi yang disiplin.
wawasan
Kamus
biasanya terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, isi, dan tambahan.
Bagian pendahuluan biasanya memuat keterangan cara menggunakan kamus. Bagian
isi Kamus Besar Bahasa Indonesia memuat daftar kata dan istilah yang disusun
berdasarkan urutan abjad (alfabetis). Arti, makna, atau penjelasan setiap kata
biasanya dilengkapi dengan contoh penggunaan
dalam
kalimat, label singkatan kelas kata, label penggunaan bahasa, label singkatan bidang
kehidupan atau bidang ilmu. Bagian tambahan dalam Kamus
Besar
Bahasa Indonesia berisi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan,
Pedoman Umum Pembentukan Istilah, Pedoman Pemenggalan Kata, Imbuhan Bahasa
Indonesia, Bentuk Terikat Bahasa Asing, Kata dan Ungkapan Bahasa Daerah, Kata
dan Ungkapan Bahasa Asing, Singkatan dan Akronim, Aksara Daerah, Bintang dan
Tanda Kehormatan, dan lain-lain.
Tuliskan
makna kata yang telah kamu temukan dalam kolom berikut ini!
No.
Kata Makna
1.
sarana
..........................................................................
2.
formal ..........................................................................
3.
perkemahan
..........................................................................
4.
jambore
..........................................................................
5.
disiplin ..........................................................................
Lakukan
pembahasan dalam diskusi kelas tentang makna kata yang telah
ditemukan.
Berikan tanda bintang lima bagi kelompok tercepat dan menjawab
paling
banyak yang benar.Setelah kamu berhasil menemukan makna kata
dengan
menggunakan kamus dengan cepat dan tepat, jelaskan bagaimana langkah-langkah
menemukan kata tersebut dengan cara membaca
memindai!
Langkah
I:
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Langkah
II:
................................................................................................................................
...............................................................................................................................
Langkah
III:
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Langkah
IV:
................................................................................................................................
................................................................................................................................
2.
Menggunakan Makna Kata yang Ditemukan dalam Karangan
Setelah
kamu temukan makna kata tersebut, susunlah lima buah paragraf
yang
masing-masing menggunakan kata sarana, formal, perkemahan,
jambore,
dan disiplin dengan tepat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar