Rabu, 04 Juni 2014

Tugas Semantik ke 6



BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAHASA KEBANGGAANKU KELAS VII SMP/MTS PENGARANG SUWARJI SUWANDI SUTARMO

MATERI YANG BERKAITAN DENGAN SEMANTIK BAHASA INDONESIA PADA BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAHASA KEBANGGAANKU KELAS VII DAN VIII SMP/MTS

C. Membaca Memindai untuk Menemukan Makna Kata
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini, diharapkan kamu dapat:
􀁺 menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat.
􀁺 Menggunakan kata secara tepat dalam karangan.
Ke manakah tempat kita bertanya tentang makna kata-kata sulit, katakata asing yang belum kita kenal, kata-kata yang belum kita ketahui maknanya? Kamuslah tempat yang paling tepat. Dalam pembelajaran berikut kamu diajak menemukan makna kata-kata sulit dengan menggunakan kamus secara efektif dan efisien. Menemukan makna kata secara cepat, efektif, dan efisien sangat penting untuk dikuasai, sebab dengan begitu waktu yang kita gunakan untuk menemukan makna suatu kata dalam kamus menjadi lebih singkat.
1. Menemukan Makna Kata dalam KamusKata-kata tertentu ada yang memiliki  arti lebih dari satu. Apabila suatu kata mempunyai arti lebih dari satu, arti kata yang terdapat dalam kamus itu harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya. Siapkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat atau lima orang. Setiap kelompok paling tidak memiliki satu kamus. Carilah makna kata bercetak tebal dalam kalimatkalimat berikut ini dengan tepat! Lakukan kegiatan ini melalui diskusi kelompok! Agar lebih menarik, lakukan kegiatan ini dengan cara beradu cepat dengan kelompok lain.
a. Dalam penyelenggaraan pendidikan, sarana pelajaran yang paling penting adalah buku bacaan.
b. Tanpa ada buku bacaan, pendidikan formal maupun nonformal tidak dapat berjalan dengan lancar.
c. Daerah perkemahan pramuka Sibolangit terletak di Sumatera Utara.
d. Dalam jambore Nasional Pramuka ada kegiatan berkemah.
e. Kegiatan perkemahan akan membentuk pribadi yang disiplin.

wawasan
Kamus biasanya terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, isi, dan tambahan. Bagian pendahuluan biasanya memuat keterangan cara menggunakan kamus. Bagian isi Kamus Besar Bahasa Indonesia memuat daftar kata dan istilah yang disusun berdasarkan urutan abjad (alfabetis). Arti, makna, atau penjelasan setiap kata biasanya dilengkapi dengan contoh penggunaan
dalam kalimat, label singkatan kelas kata, label penggunaan bahasa, label singkatan bidang kehidupan atau bidang ilmu. Bagian tambahan dalam Kamus
Besar Bahasa Indonesia berisi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, Pedoman Umum Pembentukan Istilah, Pedoman Pemenggalan Kata, Imbuhan Bahasa Indonesia, Bentuk Terikat Bahasa Asing, Kata dan Ungkapan Bahasa Daerah, Kata dan Ungkapan Bahasa Asing, Singkatan dan Akronim, Aksara Daerah, Bintang dan Tanda Kehormatan, dan lain-lain.
Tuliskan makna kata yang telah kamu temukan dalam kolom berikut ini!
No. Kata Makna
1. sarana ..........................................................................
2. formal ..........................................................................
3. perkemahan ..........................................................................
4. jambore ..........................................................................
5. disiplin ..........................................................................
Lakukan pembahasan dalam diskusi kelas tentang makna kata yang telah
ditemukan. Berikan tanda bintang lima bagi kelompok tercepat dan menjawab
paling banyak yang benar.Setelah kamu berhasil menemukan makna kata
dengan menggunakan kamus dengan cepat dan tepat, jelaskan bagaimana langkah-langkah menemukan kata tersebut dengan cara membaca
memindai!
Langkah I:
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Langkah II:
................................................................................................................................
...............................................................................................................................
Langkah III:
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Langkah IV:
................................................................................................................................
................................................................................................................................
2. Menggunakan Makna Kata yang Ditemukan dalam Karangan
Setelah kamu temukan makna kata tersebut, susunlah lima buah paragraf
yang masing-masing menggunakan kata sarana, formal, perkemahan,
jambore, dan disiplin dengan tepat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar