Rabu, 26 Februari 2014

Tugas Semantik ke 2. mendeskripsikan kepala



Tugas semantik
Mendeskripsikan kepala

1.      Kepala
Pengertian : bagian tubuh yang diatas leher ( pada manusia dan beberapa jenis hewan merupakan tempat otak, pusat jaringan saraf, dan beberapa pusat indra ).
Definisi : berbentuk bulat, bagian yang paling atas atau paling tinggi.
Konsep : di dalam kepala terdapat otak dan saraf-saraf. Yang d luar terdapat rambut, dahi, alis, mata, hidung, telinga, pipi, mulut dan dagu. 
Tujuan :  kepala berfungsi sebagai pelindung otak dan letaknya paling tinggi dari pada organ tubuh yang linnya.

2.      Rambut
Pengertian : bulu yang tumbuh pada kulit manusia ( terutama di kepala ).
Definisi : rambut saya panjang, lebat dan hitam.
Konsep : saya rutin merawat rambut saya, dengan cara keramas setiap hari.
Tujuan  : rambut berfungsi sebagai melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin.

3.      Dahi
Pengertian : bagian wajah di atas mata, bagian kepala sebelah depan atas antara rambut dan alis, kening.
Definisi : bagian wajah yang diatas alis mata.
Konsep : setiap manusia memliki dahi atau kening.
Tujuan : dahi atau tulang dahi berfungsi sebagai pelindung otak.

4.      Alis
Pengertian : bulu di dahi di atas mata, kening.
Definisi : alis saya lebat dan hitam.
Konsep :  saya tidak pernah mencukur atau merapikan alis saya, memang dari saya kecil sudah seperti itu.
Tujuan : alis digunakan untuk menahan keringat dari dahi.

5.      Mata
Pengertian : indra untuk melihat, indra penglihatan.
Definisi : mata saya sedikit sipit dan berbola mata hampir kecoklatan.
Konsep : saya tidak pernah menngunakan kontak lens untuk mata saya.
Tujuan : mata digunakan untuk melihat.

6.      Hidung
Pengertian : alat pencium, penghirup ( letaknya disebelah atas bibir ).
Definisi : hidung saya tidak mancung dan tidak pula terlalu pesek.
Konsep : hidung saya mempunyai dua lobang hidung, sdidalamnya terdapat bulu –bulu hidung.
Tujuan  : hidung digunakan untuk mencium bau dan alat untuk bernafas.

7.      Telinga
Pengertian : organ tubuh untuk mendengar.
Definisi : alat pendengaran yang terletak di kanan kiri kepala.
Konsep : telinga saya ada dua, terletak dikiri dan kanan wajah saya, dan mempunyai lobang telinga.
Tujuan : telinga berfungsi untuk mendengar.

8.      Bibir
Pengertian : tepi (pinggir) mulut (sebelah bawah dan atas).
Definisi :  mulut saya kecil, bibir saya tidak begitu tebal dan tidak tipis, bibir terbagi dua yaitu bibir atas dan bawah.
Konsep : bibir terletak dibawah hidung dan bibir bisa tersenyum.
Tujuan  :  untuk menjaga agar makanan tidak tercecer keluar, merasakan panas dan dinginnya makanan.

9.      Pipi
Pengertian : sisi muka ( di bawah pelipis ).
Definisi : pipi saya tembem.
Konsep : pipi terdapat dikiri dan kanan hidung.
Tujuan : menyempurnakan bentuk wajah.

1.  Dagu
Pengertian : bagian muka dibawah mulut.
Definisi : dagu saya biasa-biasanya.
Konsep : dagu terletak dibawah mulut.
Tujuan :  sama halnya seperti rahang bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar